Pentingnya Berorganisasi di Dunia Kerja

Manusia pada dasarnya adalah mahluk sosial, yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain.  Dari seseorang lahir, tumbuh besar, melalui masa anak-anak, masa remaja, dewasa, tua, lalu mati. Kesemua fase yang disebutkan di atas pasti melibatkan seorang individu dengan orang lain. Tidaklah mungkin seorang bayi yang baru lahir bisa memberi makan dirinya sendiri. Manusia senantiasa berinteraksi dengan manusia yang lain.

Begitu pula dalam perusahaan. Perusahaan tidak akan meraih tujuan yang diharapkan bila tidak adanya interaksi antarindividu di dalam perusahaan. Namun, perlu adanya pengaturan pola agar interaksi antarindividu yang terjadi di dalam perusahaan menjadikan tercapainya tujuan dari perusahaan tersebut. Pola interaksi antarindividu di dalam suatu perusahaan yang diatur oleh seorang manajer, Menurut Stoner, adalah organisasi di dalam perusahaan.

Di dalam perusahaan, biasanya terdapat pemimpin yang bertanggung jawab atas pekerjaan bawahannya. Biasanya disebut manajer. Kata manajer berasal dari kata manajemen. Sedangkan manajemen (dari bahasa Prancis Kuno : ménagement) berarti seni melaksanakan dan mengatur. Menurut Mary Parker Follet manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.

Seberapa pentingkah berorganisasi di dunia kerja? Bayangkan Anda seorang pemilik perusahaan pembuatan sepatu. Apakah Anda yang akan mencari bahan baku, mengolahnya menjadi sepatu, lalu Anda pasarkan sendiri, lalu Anda yang mencari sumber dana, mencatat jurnal-jurnal? Saya rasa akan sangat sulit perusahaan Anda akan berkembang. Anda butuh karyawan yang membantu Anda menjalankan usaha pada perusahaan Anda. Begitulah gambaran pentingnya beorganisasi dalam dunia kerja. Pada pemaparan di atas, kita ketahui adanya keterkaitan antara organisasi dan manajemen.

Setiap orang yang bekerja pasti mengidam-idamkan kesuksesan. Di dunia kerja, kita harus mengerti peranan kita dalam organisasi perusahaan. Harus mengerti tugas, hak, dan tanggung jawab yang ada pada posisi yang kita tempati. Masing-masing jabatan dalam organisasi memiliki tugas, hak, dan tanggung jawab yang berbeda. Setelah kita mengerti tentang tugas, hak, dan tanggung  jawab kita, kita akan lebih mudah meraih kesuksesan di dunia kerja.

Sumber-sumber:

– http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi

– http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen

2 thoughts on “Pentingnya Berorganisasi di Dunia Kerja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s