Motivasi untuk kita, orang Islam

Motivasi adalah alasan seseorang yang menyebabkan seseorang untuk melakukan sesuatu. Dalam hidup, berarti motivasi adalah hal yang mendasari dan menjadikan seseorang untuk tetap menjalani hidup. Dalam ilmu sosial, dikenal adanya teori-teori mengenai motivasi. Berikut ini beberapa teori motivasi :

1. Teori herarki kebutuhan
Merupakan teori yang (menurut saya) menyatakan bahwa seseorang yang terpenuhi kebutuhan duniawinya akan menemukan alasan kenapa seseorang termotivasi menjalani hidup. Teori Abraham Maslow ini membagi kebutuhan manusia menjadi 5 kebutuhan dasar, yakni :

– Kebutuhan fisiologi
– Rasa aman
– Kasih sayang
– Penghargaan
– Aktualisasi diri

2. Teori X dan Y
Teori ini adalah teori dari Douglas McGregor. Teori ini ditemukan setelah mengamati perilaku manajer saat berhubungan dengan karyawannya di perusahaan. Dia menemukan bahwa perilaku pegawai dalam perusahaan digolongkan menjadi dua, yakni golongan X dan golongan Y.

Dari pemaparan saya mengenai dua teori di atas, dapat dilihat bahwa orientasinya hanya pada hal duniawi saja. Sedangkan kebutuhan spiritual manusia lebih penting daripada kebutuhan dunawinya. Dunia ini sementara, sehingga kita harus senantiasa ingat, bahwa kita hidup di dunia ini untuk menyongsong kehidupan abadi di akhirat. Itulah motivasi yang sebenarnya, tidak hanya berbasiskan keduniaan.

Lihatlah bagaimana para sahabat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang memperjuangkan tegaknya agama Islam. Apakah yang mendasari mereka rela mengorbankan harta, bahkan jiwa mereka? Jawabannya adalah Surga. Mereka ikhlaskan dan mengorbankan semua yang mereka miliki karena berharap Alloh membalas mereka dengan surga yang abadi.

Ingatlah, Allah SWT telah berfirman dalam surat Ali Imran ayat 133, yang artinya :
“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s