Organisasi, Manajemen dan Manajer

Pada posting saya sebelumnya, telah saya bahwa organisai adalah wadah bagi sekumpulan orang yang melakukan sebuah kerjasama untuk mencapai tujuan bersama. Dari pemaparan teori Stoner juga dapat kita pahami bahwasanya organisasi butuh pengatur pola interaksi, agar tujuan perusahaan atau organisasi dapat tercapai dengan efektif dan efisien. Orang yang melakukan kegiatan tersebut disebut sebagai manajer.

Kegiatan manajer dalam mengatur pola interaksi antarindividu dalam organisasi atau dalam perusahaan disebut dengan manajemen. Dalam perusahaan, manajer dibagi menjadi beberapa tingkatan manajer, yaitu :

– Manajer puncak
– Manajer menengah
– Manajer lini pertama
– Manajer non-supervisi

Setiap tingkatan manajer memiliki peranan yang berbeda. Manajer yang berada di tingkat atas bertuga untuk menentukan tujuan, perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia, dan pengawasan. Sedangkan manajer yang berada di tingkat bawah memiliki tugas untuk memberi pengarahan dan motivasi kepada pegawainya.

Seorang manajer harus bisa mengatasi konflik internal dalam perusahaan agar tidak membahayakan perusahaan yang berakibat pada penurunan aktivitas perusahaan.

One thought on “Organisasi, Manajemen dan Manajer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s