Organisasi internasional

Organisasi internasional adalah organisasi yang anggota-anggotanya merupakan gabungan dari beberapa negara yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Contoh organisasi internasional adalah :

1. PBB
Perserikatan bangsa-bangsa adalah organisasi yang anggota-anggotanya hampir seluruh negara-negara yang ada di dunia. Didirikan tahun 1945 pada tanggal 24 Oktober.

2. OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries)
Perserikatan negara-negara pengekspor minyak bumi. Merupakan organisasi yang bertujuan untuk menegosiasikan masalah-masalah mengenai produksi, harga minyak bumi, dan hak konsesi minyak bumi dengan perusahaan-perusahaan minyak. Berdiri sejak 14 September 1960. Anggotanya adalah Aljazair, Angola, Libya, Nigeria, Arab Saudi, Iran, Irak, Kuwait, Qatar, Uni Emirat Arab, Ekuador, Venezuela.

3. Rabitah al-‘Alam al-Islami (Muslim World League)
Organisasi ini disebut juga Liga Dunia Islam, merupakan organisasi internasional non-pemerintah yang tidak berpihak kepada suatu partai atau golongan tertentu, dan mewakili umat Islam seluruh dunia. Berdiri sejak 18 Mei 1962 di Mekah, bertujuan untuk menyampaikan ajaran Islam, menghapus kesan yang salah tentang umat Islam, membantu golongan Islam yang tertindas atau minoritas, meningkatkan dakwah dan solidaritas Islam, serta mendukung perdamaian internasional. Kantor perwakilan World Muslim League ada di Indonesia, Denmark, Malaysia, Congo, Perancis, Mauritus, Mauritania, Senegal, Gabon, Swiss, Trinidad, Yordania, Amerika dan Canada.

Sumber : Wikipedia, al-quran.bahagia.us

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s