Demo dan Kenaikan Harga BBM

Melihat kejadian yang masih hangat-hangatnya tentang aksi mahasiswa. Mungkin tujuan awal mereka baik, membela rakyat Indonesia agar tidak semakin menderita karena harga BBM naik. Namun, hanya berakhir ricuh dan sampai ada korban meninggal dan luka-luka. Aparat polisi, pihak demonstran, dan banyak lagi pihak-pihak yang dirugikan atas kejadian ini

Alasan pemerintah serta sanggahan dari saya :

  • Harga minyak dunia naik
    Presiden SBY mengatakan bahwa asumsi harga minyak di APBN 2012 harus disesuaikan. Pemerintah tidak mungkin lagi menetapkan asumsiĀ  ICP (harga minyak menta Indonesia) 90 Dolar Amerika per barel, sebab harga ICP saat ini sudah melampaui 115 Dolar Amerika per barel.

    Akibat sanksi terhadap Iran dari negara-negara besar (Amerika, Inggris, Prancis) yang mengharuskan ekspor minyak Iran harus dipotong mengakibatkan stok minyak mentah dunia berkurang.

  • Subsidi BBM salah sasaran
    Pemerintah memandang bahwa BBM bersubsidi malah dipakai oleh golongan orang kaya/mampu.

    Bagi saya, solusinya adalah : naikkan upah buruh, hapus kebijakan sistem kontrak kerja, tingkatkan pelayanan kepada mereka. Kalau upah buruh tidak naik tetapi harga BBM naik, pasti rakyat akan menjerit karena belitan kesulitan ekonomi yang semakin terasa bagi mereka.

  • Saran dari Bank Dunia
    Bank Dunia menyarankan agar Indonesia menggunakan dana yang selama ini digunakan untuk subidi BBM untuk membangun infrastruktur seperti pembangunan pembangkit listrik. Karena pembangkit listrik di Indonesia masih jauh tertinggal dibading negara-negara di Asia Tenggara lainnya.

    Kenapa ya, Bank Dunia ikut campur ? Ini kan negara kita sendiri. Nah lo?

Dari pihak mahasiswa/demonstran pasti akan berdalih bahwa kenaikan harga BBM akan menambah derita rakyat Indonesia. Bukankah notabene penduduk Indonesia itu rakyat yang menengah ke bawah? Lalu mau ditambah kesulitan mereka dengan naiknya harga BBM ?.

Kesimpulan saya : Kalau mau demonstrasi, lakukanlah dengan aman dan tertib, jangan membuat rakyat semakin merana dengan rusaknya fasilitas umum. Jangan marah sama sopir truk tanki Pertamina. Mereka cuma operator dan sama seperti rakyat Indonesia pada umumnya. Kalau pasokan BBM tersendat, bagaimana nasib tukang ojek yang mau beli BBM tapi truk Pertamina kalian culik?

Saya mendukung penolakan naiknya harga BBM, saya yakin tidak ada yang mau harga BBM naik. Turunkan SBY? Yakinkah Anda sekalian kalau pemerintahan setelah SBY diganti akan lebih baik? Jangan-jangan kebencian kalian terhadap pemerintahan sekarang ini hanya dimanfaatkan golongan tertentu untuk menggulingkan SBY. Banyak partai “cari muka” di depan rakyat gara-gara situasi ini. Maaf, saya tidak tertipu dengan gelagat partai-partai itu.

One thought on “Demo dan Kenaikan Harga BBM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s