Open Source Software?

Open SourcePertama kali dalam tulisan ini, mari kita luruskan pemahaman kita tentang open source. Orang mungkin akan lebih mengenal perangkat lunak open source sebagai perangkat lunak yang gratis (atau gratisan).

Open source adalah sebuah istilah untuk program yang kode-kode programnya bebas dilihat, dimodifikasi, ditambah, atau dikurangi. Pendistribusian program/software bebas, dan tidak dibatasi. Software open source bebas dan boleh dijual. Open source dijual? mungkin ini yang ada di benak Anda. Jasa pembuatan web dengan HTML apakah gratis? Tidak, bahkan mahal. Linux pun ada sebagian program tambahannya yang berbayar.

Jika kita ingin membeli windows 7 asli buatan microsoft, hanya microsoft dan yang dibolehkan oleh microsoft saja yang tahu dan boleh melihat source code (kode-kode program yang ada di dalam windows tersebut). Hanya microsoft jugalah yang berhak untuk mendistribusikan, memodifikasi, menambah atau mengurangi isi dari windows tersebut. Jika ada pihak yang berusaha memodifikasi dan mendistribusikan sendiri tanpa izin dari microsoft, maka seseorang itu bisa dituntut, diadili, dan dihukum.

Jadi, definisi sesungguhnya dari open source adalah bebas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s