Membuat/Menambah Partisi di Windows 7

Mungkin akan menjadi kendala bagi Anda yang membeli laptop/notebook yang bersistem operasi Windows 7 asli adalah dengan hanya tersedianya satu buah partisi saja yang ada pada laptop tersebut. Mungki  Anda akan mengambil jalan untuk meng-install ulang laptop Anda. Sebenarnya langkah itu tidak salah jika menginstall ulang dengan Windows 7 asli. Namun jika diinstall ulang dengan windows yang tidak asli, Anda sudah menghilangkan lisensi asli windows 7 Anda secara sia-sia. Misalkan laptop Anda sudah terinstall Windows 7 home premium yang seharga kurang lebih Rp.1.200.000, lalu Anda ganti dengan windows tidak asli yang harganya hanya Rp25.000 saja, tentu Anda rugi besar.

Mungkin juga sudah banyak orang yang menulis artikel mengenai Membuat/Menambah Partisi di Windows 7, tetapi di sini saya akan membahasnya kembali.

Windows 7 sudah menyediakan software terintegrasi untuk menambah, mengurangi, mengedit dan menghapus partisi. Di sini saya akan menjelaskan bagaimana cara menambah partisi dengan Windows Disk Management adalah :

  • Backup data-data Anda

. Ini untuk berjaga-jaga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Klik start, lalu ketikkan diskmgmt.msc
  • Akan muncul jendela/window Windows Disk Management
    Windows disk management
  • Klik pada partisi yang akan dipecah (shrink), lalu klik kanan dan klik shrink volume. Masukkan ukuran partisi yang akan dibuat. Sesuaikan dengan sisa harddisk yang tersisa. Jika partisi hanya ada di drive C:, saya saraknan usahakan sisakan 10 GB dari sisa yang ada. Misalkan di C: memiliki sisa 100 GB, maka buatlah shrink space-nya 90 GB. BERHATI-HATILAH dalam menentukannya.
    windows 7 shrink volume
  • Klik shrink, tunggu hingga proses selesai. Jika sudah selesai, akan muncul sebuah ruang kosong (volume kosong).
    New volume windows disk management
  • Pada volume kosong tersebut, klik kanan, lalu klik new simple volume. Lalu, ikuti langkah-langkahnya. Pilih jenis partisi yang Anda inginkan (FAT/FAT32/NTFS). Setelah itu klik next, ikuti terus sampai tercipntanya partisi baru tersebut.

Sumber : http://www.bhineka.com

4 thoughts on “Membuat/Menambah Partisi di Windows 7

  1. bukannya kalo via disk management ada batasan juga hanya maksimal 50% besar partisi C:?
    jadi kalo besar partisi C adalah 500 GB maka nilai shrink volume maksimum adalah 250G, jadi besar partisi C menjadi 250G, padahal untuk partisi sebuah sistem nilai 50G juga sudah besar sekali…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s