SATA 3 : Fitur baru

SATA 3 6 Gbps

Seperti yang sudah kita ketahui, SATA (Serial Advanced Technology Attachment) adalah interface untuk menghubungkan perangkat penyimpanan seperti drive hard disk dan drive optik. Serial ATA dirancang untuk menggantikan Parallel ATA (PATA/IDE).SATA sendiri telah mengalami berbagai perkembangan dan pengembangan sejak pertama kali dikenalkan. Mulai dari SATA 1 (150), SATA 2 (300). SATA 2 yang kini sedang ramai-ramainya digunakan kemungkinan akan “digulingkan” dengan saudara barunya.

Kali ini akan saya bahas lebih detai mengenai teknologi SATA 3.1 dan SATA 3.2 yang memperbaharui fitur-fitur yang ada pada SATA 3 sebelumnya.

SATA test 6 Gbps

SATA 3.1
Mulai dikembangkan tahun 2011 lalu, dan lebih mengarah ke pengoptimalan SATA untuk SSD drive yang diperkirakan aka menjadi tren di masa sekarang dan yang akan datang. Teknologi baru dari SATA  meliputi berbagai fitur untuk meningkatkan kecepatan dan kehandalan dari  teknologi SATA 6Gb/s. Fitur-fitur tersebut adalah :

  • Universal Storage Module (USM ™) –  sejenis card yang memungkinkan sebuah media penyimpanan berinterface SATA 3.1 dikonversikan menjadi interface yang kita inginkan (USB, Firewire, Thunderbolt). Sehingga, media penyimpanan berbasis SATA 3.1 dapat dihubungkan dengan console game, PC, dan device lainnya.
  • mSATA – sebuah interface SATA mirip PCI Express Mini Card yang merupakan interface SATA untuk SSD drive.
  • Zero-Power Disk Optical Drive (ODD) – menghilangkan konsumsi daya dari media penyimpanan optik (DVD/CD Drive) saat tidak digunakan, sehingga konsumsi daya yang percuma bisa dihilangkan.
  • Required Link Power Management untuk mengoptimalkan konsumsi daya di setiap perangkat SATA yang terkoneksi.
  • Hardware Control – memungkinkan identifikasi sejumlah kemampuan perangkat, memungkinkan host untuk membuat lebih efektif menggunakan perangkat SATA.

SATA 3.2

SATA express

Saat ini, teknologi yang masih dikembangkan adalah SATA Express ™. Merupakan gabungan antara infrastruktur Software SATA dengan koneksi PCI Express. Jadi, jika sebelumnya SATA adalah interface tersendiri di motherboard, tetapi akan dibuat SATA adalah sofware yang memungkinkan HDD/SSD/Hybrid Drive bisa dicolok ke PCI Express tetapi menggunakan sistem kerja SATA.

Koneksinya PCI Express, tetapi SATA? Begitulah kiranya konsep yang akan dikembangkan. Namun, untuk mewujudkan ini, dibutuhkan pemodifikasian slot yang ada di PCI Express agar kabel SATA bisa masuk ke dalamnya. Dijanjikan akan menyediakan kecepatan 8 Gb/s sampai 16 Gb/s. Saya masih kesulitan menemukan katerangan atau referensi mengenai SATA Express, namun Bagaimanakah kelanjutan kisah dari SATA 3.2 ? Kita lihat saja perkembangan selanjutnya ( di TKP :-D ).

Sumber :
– http://wikipedia.org/
– http://www.sata-io.org

One thought on “SATA 3 : Fitur baru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s