Month of July

Lembar ini kurobek lagi. Mengisahkan kisah kelabu, meski sudah berlalu sulit terhempas dari alam fikir. Sempat terselip rasa, namun semuanya sirna. Kucoba datangi lagi, semua sudah tiada. Yang kutahu, semua tidak ada yang abadi. Hanya bagaimana caranya, agar hatiku menerimanya dengan luas.

JulyAku pun berfikir, pohon yang mudah goyah adalah pohon pisang. Lihatlah bagaimana dia terayun-ayun, diombang-ambing ke sana kemari. Akarnya lemah lesu. Daunnya gampang terkoyak. Di saat hujan, angin kecilpun dapat menumbangkannya.

Dan aku amati juga pohon jati, kokoh dan kuat. Dia tegar, akarnya menancap kuat ke dalam tanah. Keyakinanya tidak goyah, meski diterpa angin kencang.Wajarlah orang mengambil namanya untuk menamai sebuah sifat, “sejati ” : seperti pohon jati.

Lalu, kemana kompas akan menunjuk, jika ada medan magnet yang memnggangu? Sulitlah jika mengandalkan kompas. Lihatlah, perhatikanlah. Kompas bukan penunjuk, dia hanya membantumu. Hatimulah yang menyimpan segala tujuan hidupmu. Percayakan dia di saat dia bersih dan lembut.

Jangan kau lihat ini dengan matamu, ini sungguh menipu. Lihatlah dengan hatimu yang sedang bersih dan hidup, semoga Alloh memberi pemahaman atasmu.