Kenaikan Tarif Kereta : Harga = Pelayanan ?

Kereta KRL Commuter Anjlok

Tepat pada tanggal 1 Oktober 2012, PT KAI Commuter Jabodetabek (PT KCJ) menetapkan kenaikan tarif sebesar Rp2.000 untuk semua  relasi. Selaku pengguna jasa kereta Commuter Line, saya tadinya agak sedikit menyesalkan kenaikan ini. Bagi orang seperti saya, kenaikan ini cukup berat dirasakan. Namun, karena masih belum ada transportasi lain yang bisa menandingi keunggulan KRL, saya urungkan niat untuk pindah ke jenis transportasi yang lain.

Melihat kejadian beberapa hari yang lalu (Kamis, 4 Oktober 2012), saya jadi teringat salah seorang teman saya yang berkata “itu akibat banyak orang yang gak ikhlas tarif kereta naik“. Tidak mau megecewakan para penggunanya, PT KCJ pun langsung memberikan kompensasi bagi para penumpang dengan menyewa beberapa angkutan umum dan memberikan tiket gratis. Sepertinya, PT KCJ tidak ingin sampai ada yang berkomentar “Naik tarif malah dapat musibah. Katanya peningkatan pelayanan, kok malah keretanya anjlok ?“.

Yang ingin saya lihat kedepannya bagaimana PT KCJ memberikan kompensasi untuk keterlambatan yang diakibatkan oleh KRL ekonomi (yang menurut rencananya akan dihapuskan) yang sering mogok. Menarik, bukan?

Selaku orang biasa yang hanya sebatas End User, saya berkomentar : PT KCJ, tingkatkan terus prestasi kalian. Buat kami tidak kecewa, karena kami mengandalkanmu. Kau bagian hidupku, tanpamu aku butiran debu…

Tinggalkan Balasan

