Komentar : e-Tiket Commuter Line

Suatu hari di stasiun Pondok Cina, saya biasa pulang dari kampus sekitar jam 16.00 WIB. Seperti biasa, saya naik commuter line tujuan Stasiun Bogor. Pergi ke loket dan membayar dengan harga (yang saya harap bisa lebih murah lagi) Rp9.000 (sungguh sangat tidak ekonomis bagi saya yang saat ini belum bekerja dan sebagai mahasiswa). Hal yang biasa setiap hari.

Hal yang menarik pun terjadi. Saya melihat beberapa orang menggunakan kartu untuk keluar melewati pintu stasiun. Saya pikir, sistem kartu Commet kembali diterapkan. Namun, saya salah. Sebenarnya, PT. KJC sudah mengeluarkan sistem tiket elektronik yang baru. Penumpang sekarang tidak lagi memiliki kartu sebagai pengganti tiket. Mereka hanya “dipinjami” kartu itu. Jadi, keterangan tentang kartu singke-trip (sekali jalan) selengkapnya :

1. Penumpang menuju ke loket untuk membeli tiket elektronik, menyebutkan tujuan dan kelas kereta (ekonomi atau commuter line).

2. Kartu akan keluar dari dispenser, lalu penumpang mengambil tiket tersebut.

3. Saat ingin masuk ke peron, penumpang diminta untuk menempelkan kartu ke pembaca kartu.

4. Akan keluar bunyi “bip” sekali yang menandakan verifikasi data sudah benar.

5. Penumpang menggerakkan gerbang putar, dan penumpang masuk.

6. Saat turun di stasiun tujuan, penumpang diminta untuk memasukkan kartu ke slot yang tersedia pada gerbang pembaca, dan kartu akan disedot masuk ke dalam.

7. Penumpang mendorong keluar gerbang.

Data transaksi/bukti pembayaran akan dicetak pada saat penumpang membeli tiket. Jadi, transaksi lebih jelas terpantau.

Mengingat belum sepenuhnya sistem ini diterapkan (Setahu saya, hanya untuk rute Jakarta-Depok), saya belum bisa banyak berkomentar. Namun, selaku pengguna biasa, saya ingin sedikit berkomentar tentang sistem ini. Bagi pengguna yang sudah pasti akan menggunakan kartu secara rutin, sistem ini mungkin akan merepotkan pengguna. Mereka yang ingin menghindari antrean harus tetap mengantre untuk melakukan transaksi. Saya khawatir sistem ini akan dimanfaatkan untuk mereka yang ingin “mencuri” kartu. Sebenarnya, kebocoran yang terjadi pada sistem Commet; menurut saya; hanya pada pengawasan petugasnya saja. Saya sudah ingi memakai kartu Commet, namun sistem ini sudah diberhentika….

One thought on “Komentar : e-Tiket Commuter Line

Tinggalkan Balasan

