Jenis Pekerjaan Apa Untuk Lulusan Sistem Informasi

Posting Singkat ini ada ceritanya. Begini, hari Jumat beberapa pekan lalu dosen mata kuliah Etika & Profesionalisme mengajukan pertanyaan yang cukup membuat mahasiswanya berfikir keras. “Sekarang kan udah mau lulus, kalian mau lulus secepat mungkin, kan? Nah kalo kaliah udah lulus kalian mau jadi apa? Apa jurus Kamehameha lu pada?” begitulah kira-kira kalimat yang dilontarkan ke arah kami sekelas. Dia mencoba memberi arahan kepada kami untuk mencari di beberapa situs lowongan kerja di internet :

1. Apa jenis pekerjaan/profesi yang sedang banyak dibutuhkan oleh perusahaan yang sesuai dengan jurusan Sistem Informasi?
2. Apa yang perusahaan inginkan dari seorang fresh graduate?
3. Berapa besar gaji yang bisa didapat dari jenis pekerjaan tersebut?
4. “Jurus kamehameha” (hardskill) apa yang diperlukan untuk pekerjaan tersebut?

Baca Juga : Perusahaan Butuh Lulusan yang Out-Of-The-Box

Oke, kita jawab satu-persatu :

1. Setelah saya survey di beberapa situs lowongan kerja (JobsDb dan Jobstreet Indonesia), peluang kerja untuk lulusan Sistem Informasi antara lain Programmer, Junior Manager Assistant , System Analyst Assistant, Application development, Monitoring System, Search Engine Optimizer, Network Administrator, dan beberapa pekerjaan yang masih berkaitan dengan teknologi informasi lainnya. Perusahaan yang membutuhkan adalah perusahaan yang bergerak di berbagai bidang, mulai dari perbankan, keuangan, asuransi, otomotif, industri software, dan lainnya.  Sistem kerja ada yang tetap, per jam, kontrak, paruh waktu, dan sebagainya.

2. Seorang fresh graduate yang diinginkan perusahaan adalah seorang yang rajin, jujur, mau mempelajari berbagai hal baru, mampu berkomunikasi yang baik, menguasai bahasa asing (aktif, pasif, baik tulisan maupun lisan), mampu bergaul dan cepat beradaptasi, serta syarat-syarat seperti kemampuan pemrograman, analisa, dan standar IPK minimal 2,75 dan 3,00.

3. Nah, bicara soal gaji maksimal Rp. 7.000.000,- (tapi lupa untuk pekerjaan apa dan di perusahaan apa). Kebanyakan perusahaan masih membuka negosiasi soal berapa jumlah uang yang akan diberikan kepada karyawannya.

4. Kebanyakan perusahaan membutuhkan pegawai yang mengerti cara mengoperasikan komputer (terutama sistem operasi Windows), Pemrograman baik database, prosedural maupun berbasis objek (C#, Java, PHP, MySQL, ASP.NET, VB.NET),  mengetahui tentang jaringan komputer dan konfigurasi dasar jaringan, megerti tentang resource planning dan ilmu tentang manajemen perusahaan.

Demikian, semoga bermanfaat dan kalo ada yang kurang atau dikoreksi, silakan beri komentar Anda. Terima kasih :-)

10 thoughts on “Jenis Pekerjaan Apa Untuk Lulusan Sistem Informasi

  1. Ping-balik: 1. Peluang Kerja Dalam Bidang Sistem Informasi | yudhaadwii
  2. Ping-balik: Bahasa Indonesia 2 | septiyanidj
  3. Ping-balik: Perkembangan SISTEM INFORMASI | bambangeriysite

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s