Mungkinkah Menginstall Android di Smartphone Manapun?

Android untuk semua perangkat

Android untuk semua perangkat (Sumber : XDA)

Jam 8 pagi hari ini, saya sedang asyik mengoprek Evercoss A7S* yang baru saya beli beberapa hari yang lalu. Masih penasaran dan terus mencoba untuk mengubah tampilan Android ini supaya mirip dengan beberapa merk Smartphone Android terkenal. Setelah beberapa kali mencoba dan terus gagal, muncul di benak saya : “mungkinkah menginstall Android di smartphone manapun?”. Lalu saya pun langsung mencari informasi di mesin pencari dan menemukan jawabannya : “Bisa, tapi dengan syarat” (seperti di film-film ya hehehe… ). Syarat yang harus dipenuhi bukanlah persyaratan yang mudah. Pasalnya, ini tidak seperti kita akan menginstall Linux ataupun Windows di PC atau laptop yang hanya membutuhkan satu atau beberapa keping DVD ditambah dengan driver. Kenapa begitu? Bukannya Android itu Linux juga? Baiklah, di sini saya akan mencoba menjelaskannya  (sumber http://source.android.com).

  1. Android berjalan di atas Linux Environment, sehingganya kita memerlukan Linux atau Machintos untuk membangun Android. Untuk kompilasi Android, spesifikasi perangkat lunkan dan perangkat keras yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :  arsitektur komuter yang digunakan harus 64-bit dan memiliki minimal 30 GB, sekali pembuatan bisa membutuhkan lebih dari 100GB. Kode sumber (source code) android adalah sebesar 8,5 GB. Kita juga harus memasang Python 2.7, GNU Make 2.7, Java Developer Kit 7, dan Git 7.
  2. Memilih versi master Android (apakah Kitkat, Jellybean, ICS, dsb) yang akan dikompilasi. File master tersedia di repository. Setelah itu, kita harus mmbuat Kernel untuk Android. Kernel merupakan dasar dari Android yang akan menjembatani komunikasi antara hardware dan software.
  3. Kita harus menyediakan driver-driver agar Android dapat mengakses hardware seperti kamera, suara, touchscreen, dan sebagainya.  Driver ini juga akan berkomunikasi dengan HAL (Hardware Abstraction Layer)
  4. Intinya sangatlah sulit jika kita ingin menginstall Android pada setiap device. Karena sebuah perangkat yang diproduksi suatu perusahaan memiliki susunan perangkat keras yang berbeda dan membutuhkan driver yang sesuai dengan perangkat keras yang ada.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s