Membuat Wallpaper di Windows 10 dengan Windows Spotlight

Halo, Sudah beberapa tahun belakangan saya tidak pernah aktif lagi menulis blog. Karena untuk saat ini saya fokus mengerjakan beberapa proyek aplikasi di tempat saya bekerja sekarang. Alhamdulillah menghasilkan, walau sebenarnya blog ini kalau diseriusi juga bisa menghasilkan uang dengan memasang iklan di blog atau menaruh link referral, AdSense, dan lainnya. Tapi untuk beli paket di WordPress rasanya belum cukup persyaratan nya. Mungkin nanti kalau waktu memungkinkan akan saya seriusi untuk mengurus blog ini. Oke, lanjut ya hehehe… Melalui tulisan ini saya ingin berbagi kepada semuanya tentang bagaimana cara mengganti wallpaper di Windows 10 agar selalu sama dengan lockscreen, jika background lockscreen nya menggunakan Windows Spotlight. Keuntungannya jika menggunakan fitur ini adalah wallpaper kalian akan berganti secara otomatis setiap hari, jadi nggak bosen wallpapernya itu-itu terus :D. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut :
  1. Windows Spotlight pastinya menggunakan jaringan internet untuk mengganti lockscreen background secara rutin. Resolusinya juga lumayan besar, Jadi akan sedikit boros kuota, walau cuman beberapa megabyte.
  2. Kemungkinan memakai service Background Intelligent Transfer, dan Windows Update (tapi saya belum yakin, karena tidak saya tes). Jadi pastikan service ini aktif. Untuk cara mengaktifkannya, bisa browsing sendiri, atau baca tulisan saya sebelumnya mengenai Cara Menonaktifkan Windows Update. Tinggal ubah disable nya menjadi manual.
Lanjut ke langkah-langkah mengubah Wallpaper Windows 10 menjadi sama dengan Lockscreen Windows Spotlight :
  1. Klik kanan pada Desktop, lalu pilih Personalize
  2.  Setelah jendela Personalize terbuka, maka klik menu Lockscreen

    Pengaturan Lockscreen

    Pengaturan Background Locksreen pada Windows 10
  3. Pada Pemilihan Lockscreen, pilih Windows Spotlight
  4. Download Aplikasi Spotlight Desktop di https://github.com/onlineth/Spotlight-Desktop/releases. Pilihlah SpotlightDesktop.msi
  5. Install Aplikasi tersebut. Instalasi nya mudah, hanya klik Next terus, sampai Finish.

    Instalasi Spotlight Desktop

  6. Jika sudah selesai, wallpaper Windows 10 kalian akan berganti sesuai dengan pergantian Windows Spotlight pada lockscreeen.
Kalau mau menonaktifkan, uninstall saja aplikasinya di Control Panel. Karena kelemahan aplikasi ini, sampai saat saya menulis artikel ini, belum bisa mem-pause pergantian wallpapernya. Jadi akan selalu berganti ketika background pada lockscreen juga berubah.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s