Proyek Monorel, LANJUTKAN !!!

Monorel adalah sebuah metro atau rel dengan jalur yang terdiri dari rel tunggal, berlainan dengan rel tradisional yang memiliki dua rel paralel dan dengan sendirinya, kereta lebih lebar daripada relnya. Biasanya rel terbuat dari beton dan roda keretanya terbuat dari karet, sehingga tidak sebising kereta konvensional.

Tiang pancang monorel yang berdiri tegak di Jakarta makin tak jelas nasibnya. Dalam krisis keuangan yang sempat melanda seluruh dunia waktu itu, Pemprov DKI Jakarta semakin pesimis bakal bisa membangun monorel yang sudah lama dimiliki Malaysia dan Thailand itu.

Krisis keuangan global membuat Pemprov DKI kesulitan mencari penyandang dana yang bersedia membiayai proyek monorel yang benilai total senilai 600 juta dolar AS itu.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI pun menunda pengambilalihan.

“Meski sebelumnya sudah ada pihak-pihak yang menyatakan tertarik terhadap proyek ini, namun perlu dilakukan peninjauan ulang sekarang”, kata Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo. Menurut beliau, calon investor harus di ‘update’ terus menerus, apalagi mengingat pengalaman dulu ada investor yang menarik dukungannya terhadap PT Jakarta Monorail.

“Mungkin dulu tertarik, tapi sekarang belum tentu. Saya tidak mau menebar mimpi,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta menyatakan siap mengambil alih proyek monorel setelah adanya kajian dari Bank Dunia yang menyatakan pembangunan mode transportasi massal ini tidak dapat dikerjakan oleh swasta. Pemprov Jakarta juga menyatakan segera melakukan perhitungan kembali atau due dilligent terhadap proyek ini dengan menggandeng Bank Dunia untuk ikut serta membiayai studi kelayakan monorel.

Monorel terkatung-katung setelah konsorsium pembangunan PT Jakarta Monorail gagal mendapatkan pembiayaan dari investor meskipun Pemprov DKI sudah memperpanjang financial closing. Angkutan kereta rel tunggal itu diproyeksikan mampu mengangkut 120 ribu penumpang perhari dari dua jalur yaitu jalur melingkar ‘green line’ dan jalur lurus ‘blue line’.

Jalur ‘green line’ sepanjang 14,2 kilometer yang melintasi Semanggi-Kuningan-Semanggi membutuhkan biaya USD350 juta sementara pembangunan jalur ‘blue line’ sepanjang 12,2 kilometer yang melintasi Kampung Melayu – Casablanca- Tanahabang-Roxy membutuhkan biaya 250 juta dolar AS. Proyek monorel dipandang pengamat transportasi memang tidak menguntungkan dari segi bisnis sehingga kurang diminati swasta.

“Karena monorel adalah investas jangka panjang. Sementara pemerintah menginginkan monorel itu hanya untuk pelayanan publik sehingga pihak swasta berpikir hal tersebut tidak terlalu menguntungkan,” papar Ketua Pusat Studi Transportasi Universitas Indonesia (UI) Sutanto Soehodo.

Jika Pemprov DKI berniat mengambil alih proyek itu, Sutanto menyebut langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan evaluasi untuk mengetahui kesalahan dan kekurangannya. Selain itu, ia menegaskan bahwa Pemprov harus meneliti latar belakang pihak swasta yang menyatakan berminat agar kejadian terbengkalainya proyek monorel tidak terulang.

Aroma kehancuran sistem transportasi kota-kota besar di Indonesia akan segera terasa apabila tidak ada tindakan sistematis untuk itu.

Monorel dibangun tidak hanya untuk mengurangi kemacetan di Jakarta, tetapi juga untuk membuat Jakarta sekelas dengan kota-kota maju di negara-negara lain seperti negara tetangga Singapura dan Malaysia.

“Monorel bukan saja mengatasi kemacetan tetapi akan membuat Jakarta sama dengan negara maju dalam transportasi”, katanya.

Hanna mengungkapkan, pemerindah provinsi Jakarta memprioritaskan pembangunan sistem transportasi dan sangat serius menangani masalah di seputar transportasi, terutama kemacetan yang setiap hari terjadi.

Untuk mengatasi itu, pemerintah daerah telah membuat beberapa master plan, seperti Busway dan MRT (Mass Rapid Transportation) kereta bawah tanah yang rencananya beroperasi pada 2016 dengan rute awal, Lebak Bulus-Dukuh Atas.

Menurut saya, sedandainya saja proyek Monorel selesai, akan sangat keren. Kereta di tengah kota dengan jalur khusus, tentu di benak saya akan seperti du negara-negara yang lainnya. Dan bisa menjadi sebuah prestasi yang bagus.

Saya berharap, proyek Monorel diselesaikan. Proyek Monorel, LANJUTKAN !!!

Sumber :
1. id.wikipedia.org/wiki/Monorel
2. http://www.antaranews.com/berita/1269423854/monorel-tunggu-audit-bpk
3. http://rol.republika.co.id/berita/8122/Krisis_Jadikan_Monorel_Terancam_Batal
4. http://
http://www.antaranews.com/print/1224148284/
5. http://www.inilah.com/berita_print.php?id=55396/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s